Minggu, 26 Februari 2012

manfaat hiking

Manfaat Hiking yang Harus Anda Ketahui
Tentu Anda tahu bahwa hiking adalah olahraga yang baik dan cara yang baik untuk mendapatkan kedekatan kita dengan alam, yang mampu menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani dan kebutuhan batin. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari 1000 manfaat yang Anda dapatkan saat melakukan hiking. Ketika Anda berjalan kaki, Anda membantu membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik!
* Mengatasi Obesitas
Hiking adalah cara super untuk menurunkan berat badan. Dari perkiraan 210 juta penduduk Indonesia tahun 2000, jumlah penduduk yang overweight diperkirakan mencapai 76.7 juta (17.5%) dan pasien obesitas berjumlah lebih dari 9.8 juta (4.7%). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa overweight dan obesitas di Indonesia telah menjadi masalah besar yang memerlukan penangan secara serius. Rutinitas kehidupan kita, terjebak di kantor, di depan komputer, berselancar di internet ini adalah bom waktu yang membunuh kita.
Dengan melakukan hiking, pada hakikatnya menggerakkan seluruh anggota badan. Hal ini berfungsi menjadi pembakar lemak yang ampuh untuk mengatasi obesitas.
* Mencegah Penyakit Jantung
Berdasarkan data yang dimiliki Yayasan Jantung Indonesia, 17 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahun akibat penyakit ini. Sebuah rutinitas berjalan teratur sangat mengurangi kemungkinan masalah jantung Anda. Penelitian demi demi penelitian menunjukkan bahwa secara teratur, latihan ringan semacam hiking meningkatkan peluang Anda mengalami penyakit ini kemungkinan sangat kecil.
* Penurunan Kolesterol
Hiking dan berjalan meningkatkan kolesterol baik HDL yang membantu menyingkirkan kolesterol jahat. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi peluang Anda untuk masalah jantung.
* Menurunkan Tekanan Darah
Pergi hiking dengan track menanjak, 30 menit setiap hari adalah semua yang diperlukan untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah rendah berarti kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.
* Mengurangi Stres dan Depresi
Obat alami tubuh anda seperti endorfin dan adrenalin yang dilepaskan ketika hiking dan bahan kimia ini memiliki efek positif alami pada tingkat stres Anda.
* Meminimalkan penurunan aktivitas fisik
Jika Anda masih berusia muda, Anda tidak perlu mengalami penurunan aktivitas fisik.  Dengan tetap aktif, otot-otot Anda tetap kuat. Ketika Anda beranjak tua, tubuh Anda akan melemah, tetapi melakukan hiking dengan teratur membantu meminimalkan itu.
* Mencegah Osteoporosis
Hiking membantu meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan, membantu mencegah hilangnya kalsium dan kemungkinan patah tulang dari penyakit ini.
* Udara yang lebih baik
Hiking ke alam dengan kondisi udara yang segar sangat baik untuk kita hirup.
* Mencegah Diabetes
Hiking dapat mengurangi jumlah insulin Tipe I diabetes. Tipe II diabetes dapat membalikkan jalannya diabetes dengan olahraga, diet, dan penurunan berat badan.
* Mengobati Arthritis (kelainan sendi)
Sebuah program latihan teratur seperti hiking dapat menguntungkan kebanyakan orang yang telah didiagnosis mengalami dan sedang diobati untuk arthritis. Berjalan mungkin latihan terbaik karena memperkuat otot dan meningkatkan dukungan.
*Mengurangi nyeri punggung
Duduk di komputer atau meja terlalu lama dapat menyebabkan nyeri punggung. Orang yang berjalan biasanya melaporkan penurunan yang signifikan dalam nyeri punggung. Hiking lebih baik dari berlari maupun olahraga aerobik lainnya karena di dalam hiking, menempatkan stres jauh lebih sedikit pada tubuh Anda dan membantu membangun kekuatan inti tubuh.
*Gerakan aerobik yang melatih semua anggota tubuh
Hiking adalah latihan aerobik yang meningkatkan kebugaran keseluruhan fisik, menggunakan otot kaki, otot inti tubuh, dan paru-paru.
* Percaya diri
Berbagai tempaan alam yang menerpa sepanjang perjalanan hiking Anda seperti medan yang berat, cuaca alam yang ekstrim dan rintangan lainya dapat membangun rasa percaya diri Anda dalam apa yang dapat Anda lakukan. Biasanya pada momen tersebut kita cenderung optimal dalam menumbuhkan potensi diri.
* Wawasan yang bertambah
Dengan menguasai keterampilan hikinh, akan memperluas wawasan Anda di berbagai macam hiking seperti mountaineering, backpacking, panjat tebing dan kegiatan luar ruangan padang gurun.
* Penyegaran kembali
Efek psikologis menghabiskan waktu di alam sekitarnya adalah positif dan kuat. Waktu yang dihabiskan di jalan akan memperbaharui Anda untuk kinerja yang lebih baik dalam pekerjaan Anda dan kembali hidup di dunia nyata.
Masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan dengan melakukan hiking. Apa manfaat yang Anda rasakan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar